Legislator Golkar DPR Singgih Januratmoko Dukung Kemandirian Ekonomi Para Petani Sukoharjo

>

 

 Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar, Singgih Januratmoko, menyerahkan bantuan belasan ton beras bagi warga di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, pada Minggu (4/9). Acara tersebut dihadiri oleh ratusan warga di Kelurahan Cabeyan, Kecamatan Bendosari.

Yang spesial dari pembagian beras ini adalah Singgih Januratmoko membeli beras dari warga kampong Kelurahan Cabeyan, Kecamatan Bendosari sendiri yang mayoritas profesinya adalah sebagai petani.

Bagi seorang Singgih Januratmoko, petani merupakan ujung tombak kedaulatan pangan bangsa Indonesia, di tangannya lah kemandirian bangsa terjaga. Bahkan bapak pendiri bangsa Soekarno menemukan nilai atau ideologi Marhaenisme dari seorang petani bernama Marhaen yang selalu bekerja keras memperjuangkan kehidupannya.

 

Sayangnya, petani era modern seperti sekarang harus dihadapkan pada kenyataan mereka yang memproduksi beras, mereka pula yang seringkali tidak dapat mencukupi kebutuhan beras untuk rumah tangganya.

Karena itu, Singgih Januratmoko merasa memiliki tanggung jawab moral untuk setidaknya membantu kehidupan para petani termasuk memenuhi kebutuhan dasar mereka dengan mencukupi kebutuhan pangannya.

“Penyaluran paket beras yang berasal dari panen petani tersebut, untuk memperkuat ketahanan pangan yang mandiri. Gerakan ini juga saya upayakan untuk mendukung petani yang telah bekerja keras menanam padi, dengan segala tantangan yang ada,” ujar SInggih Januratmoko.

 

Singgih Januratmoko menyadari bahwa menjadi petani di era modern sangat penuh dengan tantangan. Selain harus melawan klaim harga gabah yang begitu murah oleh tengkulak, petani juga masih harus dihadapkan oleh tantangan sulitnya proses sebelum panen.

Karenanya wajar jika para petani akan mengalami kesulitan dalam kehidupannya apalagi jarang dari para petani yang memiliki lahan sawah pribadi. Mereka biasanya hanyalah sebagai tenaga penggarap yang hanya mengelola lahan milik orang lain.

“Petani saat ini mengalami tantangan kelangkaan pupuk dan serangan hama, ditambah harus bersaing dalam menjual hasil panen untuk mendapatkan harga yang layak. Saya prihatin dengan kondisi petani yang semakin terpinggirkan zaman. Karena itu, saya ingin sedikit saja mengupayakan serta bermanfaat untuk masyarakat termasuk para petani di Sukoharjo,” pungkas Singgih Januratmoko menyelesaikan pernyataannya

  • Hits: 12

Ambulans untuk sosial dan kesehatan warga boyolali

 

Anggota DPR-RI Singgih Januratmoko dari Fraksi Golkar menyerahkan bantuan mobil ambulans ke DPD LDII Boyolali, Jawa Tengah, pada Sabtu (25/6). Singgih mengatakan, ia ingin memenuhi janjinya melalui program aspirasi dan pemberdayaan masyarakat dari Komisi VI DPR RI.

“Secara resmi, kami menyerahkan bantuan berupa satu unit mobil ambulans kepada DPD LDII Boyolali. Saya berharap mobil ambulans ini dapat digunakan warga LDII dan masyarakat umumnya dalam bidang kesehatan maupun kegiatan sosial kemasyarakatan,” jelas Singgih.

Sementara itu Ketua LDII Boyolali, Suwarjo menyampaikan apresiasi dan rasa syukurnya kepada Singgih atas realisasi bantuan tersebut. “Semoga ini dapat bermanfaat bagi warga ponpes dan sekitar, sebab kami baru pertama kali mendapatkan bantuan kendaraan. Hal ini tentunya menjadi contoh baik ke depannya bahwa sebagai anggota dewan dapat berjuang untuk masyarakat,” jelas Warjo.

  • Hits: 16